Review Drama My Mister: Lingkungan yang Baik akan Melahirkan Orang Baik

Gambar
Aku baru menyelesaikan drama My Mister beberapa waktu yang lalu. Buatku itu sangat terlambat tapi nggak apa-apa. Nggak tahu kenapa pada 2018 saat drama ini tayang aku nggak nonton sama sekali. Malah aku nggak dengar kabar munculnya drama ini. Baru tahun lalu aku tahu ada drama Mbak IU alias Lee Ji-eun berjudul My Mister ini.   Sebagai salah satu orang yang mengikuti IU sejak di Dream High hingga sekarang, akting Lee Ji-eun di sini bagus banget. Bahkan lebih bagus dibandingkan di Moon Lover. Jadi tokoh Lee Ji-an yang hidup segan mati tak mau, dia berhasil memerankannya dengan sangat meyakinkan. Sebelum ngomongin lebih lanjut, berikut informasi terkait drama My Mister: Judul: My Mister/ 나의 아저씨 Episode: 16 Sutradara: Kim Won-seok Penulis: Park Hae-young Pemeran: Lee Ji-eun, Lee Sun-kyun, Lee Ji-ah, Jang Ki-yong. Sinopsis My Mister   My Mister dibuka dengan kehidupan kantor Park Do-hoon (Lee Sun-kyun) dan Lee Ji-an (Lee Ji-eun) yang bekerja di satu perusahaan. Park Do-hoon meru

Membandingkan Aplikasi Nonton Drama Korea, Mana yang Terbaik?

 

netflix

Menonton drama Korea sampai saat ini masih menjadi pilihan aku ketika bosan di rumah. Jika dulu aku selalu menonton drama Korea dari situs-situs illegal dan beberapa waktu yang lalu menemukan cara menonton drama lewat Facebook, kini aku mencoba lebih baik sebagai penonton yaitu menonton melalui aplikasi legal. Ada beberapa aplikasi legal yang bisa dijadikan pilihan, namun aku menjatuhkan pilihan kepada tiga aplikasi yaitu Netflix, VIU, dan iQIYI. Baik Netflix, VIU, ataupun iQIYI memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing.

Netflix misalnya, Anda bisa menemukan beragam judul drama Korea baik lawas maupun yang teranyar. Bahkan bisa dibilang, di antara aplikasi lainnya Netflix memiliki koleksi drama Korea paling lengkap. Sebut saja deretan drama Korea Netflix Series seperti Vagabond, When The Camellia Blooms, It’s Okay to Not Be Okay, dan Crash Landing on You yang tidak ada di aplikasi lainnya. Dalam hal update Netflix juga paling cepat. Drama Korea yang menjadi Netflix Series bisa ditonton satu menit setelah drama tersebut selesai tayang di Korea dan saat itu juga tersedia subtitle bahasa Indonesia. Jadi, Anda bisa menjadi orang paling update ketika menonton drama Korea melalui Netflix.

Berbeda dengan Netflix, VIU lumayan lama dalam hal update drama Korea yang tayang perdana di sana. Setidaknya aku harus menunggu keesokan harinya untuk menonton drama yang tayang di malam sebelumnya dan biasanya tidak langsung tersedia subtitle bahasa Indonesia. Kadang aku harus menunggu sampai malam untuk menonton dengan subtitle bahasa Indonesia. Jika benar-benar penasaran, biasanya aku akan menonton dengan subtitle bahasa Inggris dan harus mikir ekstra karena menerjemahkan bahasa Inggris aku yang biasa-biasa aja sembari nonton.

Lebih baik dari VIU, iQIYI update drama yang tayang perdana di sana lebih cepat. Penonton bisa menikmati drama keesokan harinya setelah drama tayang di Korea sekitar pukul 11.00 dan saat itu juga telah tersedia drama dengan subtitle Indonesia. Karena kelebihan inilah, untuk update drama Korea terbaru aku lebih memilih aplikasi iQIYI. Drama Korea yang tayang perdana di VIU biasanya juga ada di aplikasi iQIYI, seperti Flower Evil yang sudah tamat beberapa waktu yang lalu dan Tale of The Nine Tailed yang saat ini masih on going. Beberapa drama yang tayang di iQIYI justru tidak tayang di VIU seperti drama 18 Again yang saat ini sedang aku ikuti.

Meskipun VIU tertinggal dalam hal update, namun VIU juara dalam memberikan harga termurah. Anda bisa mendapatkan paket premium dengan membayar Rp30.000 setiap bulannya dan buat pengguna baru di VIU, Anda bisa mendapatkan diskon selama 3 bulan yaitu hanya Rp15.000 (ditambah pajak 10%) setiap bulannya. Yang mengejutkan, pada bulan pertama aku langganan VIU premium aku hanya membayar Rp4.000 saja karena mendapatkan cashback dari Go-Pay. Dibandingkan VIU, iQIYI memiliki harga yang lebih mahal yaitu Rp99.000 untuk setiap bulannya, namun pelanggan baru bisa berlangganan premium di iQIYI hanya dengan membayar Rp3.000 di bulan pertama.

Netflix berada di tengah-tengah dalam hal harga. Buat Anda yang hanya menonton lewat smartphone, bisa berlangganan Netflix dengan membayar Rp54.000 dan biaya akan bertambah jika ingin bisa menonton di Smart TV, laptop, ataupun lebih banyak yang dapat mengakses secara bersamaan. Namun untuk mendaftar Netflix ini penonton harus menggunakan kartu kredit atau menggunakan bank yang memang bisa digunakan untuk transaksi internasional. Tidak seperti VIU dan iQIYI yang menerima pembayaran dengan berbagai cara mudah. Selain itu, Netflix juga tidak menyediakan diskon khusus bagi pelanggan baru dan saat masuk halaman awal, Anda akan langsung dihadapkan dengan harga berlangganan di Netflix.

Mana yang Terbaik?

Jika membicarakan mana yang terbaik di antara tiga aplikasi streaming drama tersebut, aku akan memilih Netflix sebagai aplikasi streaming drama dan film terbaik. Selain bisa menonton satu menit setelah drama selesia tayang di Korea, Netflix juga memiliki banyak pilihan drama yang tidak ada di dua aplikasi lainnya. Tidak hanya drama Korea, Netflix juga memiliki serial dan film dari negara lain yang tak kalah menarik. Sebanding dengan cara pembayarannya yang lumayan ribet. Namun karena tidak semua drama terbaru tayang di Netflix, Anda tetap membutuhkan VIU dan iQIYI untuk streaming drama terbaru lainnya. Selain itu, dalam hal pengiritan kuota, VIU dan iQIYI lebih menang dibandingkan Netflix. Cocok deh buat kita-kita yang jauh dari wifi kampus dan tidak ada wifi di rumah.

 

Tulisan ini pernah dimuat di Terminal Mojok dengan judul Membandingkan Netflix, VIU, dan iQIY, Mana yang Terbaik? Link di sini.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Review Drama My Mister: Lingkungan yang Baik akan Melahirkan Orang Baik