Sabtu, 09 Desember 2023

15 Lagu Girls Group K-Pop Terbaik Tahun 2023



Setiap tahun adalah tahun yang baik untuk menjadi penggemar K-pop, terutama karena semakin banyak grup yang memulai debutnya dan semakin banyak jenis musik yang diciptakan oleh kolaborasi internasional.


K-pop adalah perpaduan budaya yang luar biasa dalam hal ini. Dengan semua hal tersebut, ada baiknya kita melihat kembali ke tahun 2023 dan menghitung mundur beberapa lagu girlband dan solois perempuan terbaik di K-pop tahun ini. Namun, kami akan jujur tentang sesuatu sebelumnya - tidak ada yang namanya daftar terbaik yang pasti.


Yang benar adalah bahwa lagu-lagu K-pop terbaik tahun ini hanyalah lagu-lagu yang paling Anda sukai! Oleh karena itu, K-Pop Answers menyajikan daftar yang cukup unik dan sangat subjektif dari lagu-lagu girl group K-pop "terbaik" dari tahun 2023.


Daftar ini mencakup campuran dari lagu-lagu yang sangat populer, lagu-lagu luar biasa yang layak mendapat perhatian lebih, dan/atau lagu-lagu yang benar-benar unik dalam beberapa hal. Tidak masalah jika Anda tidak setuju dengan daftar ini, dan kami mengundang Anda untuk membagikan lagu favorit Anda di tahun 2023 di bagian komentar!

15 Lagu Girls Group K-Pop Terbaik 2023


15. "Macaroni Cheese" dari Young Posse




"Macaroni Cheese," lagu debut dari DSP dan Young Posse dari Beats, menjadi lagu yang cukup aneh. Lagu ini menerima banyak lirik dari anggota Young Posse sendiri, dan secara harfiah bercerita tentang kecintaan dan keinginan akan keju makaroni.


Ada keceriaan dan kekonyolan yang melekat pada penyampaian lirik seperti ini dengan ketulusan yang mutlak, dan ketika digabungkan dengan suara hip hop yang sederhana, lagu ini menjadi sangat tak terlupakan. Terutama jika Anda mempertimbangkan gua keju yang dibuat untuk video musiknya. Young Posse adalah grup yang harus diperhatikan pada tahun 2024 dan seterusnya.


14. Slay dari Everglow




"Slay" bukanlah lagu terbaik Everglow, tapi semua lagu Everglow biasanya sangat luar biasa. Sudah satu setengah tahun sejak comeback terakhir mereka (bisa dibilang sangat lama!), tapi lagu ini tetaplah seperti biasa, sebuah lagu "girl crush" yang tidak bisa ditebak.


Rasanya girl crush sebagai sebuah konsep mungkin sedikit berkurang popularitasnya saat ini, tapi Everglow memiliki konsep ini lebih baik daripada hampir semua grup lain - jadi tidak ada bahaya konsep ini menjadi basi di sini.


13. Bet on Me dari Itzy




"Bet on Me" adalah lagu Itzy yang intim tentang menghadapi keraguan diri, dan lagu ini menjadi semakin pedih mengingat anggota Lia akan hiatus karena kecemasan yang luar biasa hanya satu setengah bulan setelah album ini dirilis. 


Terlepas dari itu, ini adalah lagu yang menghangatkan hati dan inspiratif yang biasanya tidak memiliki video musik, yang semakin menyoroti betapa berharganya sebuah lagu B-side yang bagus.


12. Kitsch dari IVE




Dari semua lagu yang dirilis IVE pada tahun 2023, "Kitsch" mungkin tampak seperti pilihan yang aneh untuk dipilih daripada yang lain dalam daftar lagu girl grup K-pop terbaik tahun ini.


Untuk itu, kami hanya dapat mengingatkan para pembaca bahwa ini adalah daftar yang sangat subjektif! "Kitsch" sangat menonjol dengan syair melodius dan jembatannya yang beralih ke bagian reff yang berdenyut dan berat. Lagu ini berhasil.


11. Drama dari AESPA




Selain "Macaroni Cheese," mungkin tidak ada lagu K-pop di tahun 2023 yang mewujudkan judulnya seperti yang dilakukan oleh "Drama." Lagu ini terdengar aneh dan menindas untuk sebuah lagu pop, dan petikan gitar pada bagian reffnya benar-benar menambah kesan berat. Bahkan bagian "Dra-ma-ma-ma-ma-ma" sangat menarik meskipun ada kesan murahan. Ini adalah jenis lagu yang tidak lazim namun luar biasa yang dapat Anda andalkan dari SM Entertainment


10. DOXA dari Secret Number




Hampir semua yang dilakukan Secret Number sangat bagus, jadi agak mengecewakan bahwa mereka tidak menjadi bagian dari percakapan K-pop lebih sering. Meskipun begitu, "Doxa" adalah lagu yang luar biasa dengan konsep "racun" yang menekankan pesona masing-masing anggota dengan baik.


"Starlight" adalah lagu luar biasa lainnya yang dirilis oleh grup ini pada tahun 2023, namun kami memberikan sedikit anggukan untuk "Doxa." Jika Anda ingin memastikan bahwa Anda telah mendengar semua lagu girl grup K-pop terbaik dari tahun 2023, Anda harus mendengarkan lagu ini.


9. Super Shy New Jeans




Seharusnya tidak terlalu kontroversial untuk mengatakan bahwa hampir semua lagu NewJeans mengikuti formula yang sama. Namun, kabar baiknya adalah ini adalah formula yang sangat efektif. (Mereka pada dasarnya adalah Bad Religion dari K-pop dalam hal ini.)


Dengan demikian, kami dapat memilih hampir semua lagu dari album 2023 Get Up (atau "OMG") untuk dimasukkan di sini, namun kami memilih "Super Shy." "Super Shy" hanya membombardir pendengar dengan pengulangan yang sama namun sangat adiktif sampai Anda tidak punya pilihan selain menjadi penggemar. Ini adalah dunia NewJeans, dan kita hanya hidup di dalamnya.


8. Slow Down dari ALICE




ALICE (awalnya ELRIS) adalah grup lain yang tidak pernah benar-benar mendapatkan perhatian yang seharusnya, dan pergantian anggota juga tidak membantu. (Pada saat artikel ini ditulis, tampaknya bahkan Sohee telah meninggalkan grup, tetapi perusahaan belum mengkonfirmasikannya).


Terlepas dari itu, "Show Down" adalah lagu yang luar biasa, meskipun tidak sefenomenal "Dance On" pada tahun 2022. Ini adalah salah satu lagu yang tidak boleh Anda lewatkan jika Anda ingin memastikan bahwa Anda telah mendengar semua lagu girl group K-pop terbaik di tahun 2023.


7. Bubble dari Stay C




"Teddy Bear" menjadi viral dan membuat StayC kembali menjadi sorotan tahun ini, dan lagunya sangat bagus. Namun, kami lebih menyukai "Bubble", karena lagu dan video musiknya sama-sama memancarkan nuansa K-pop klasik.


Lagu ini terlalu menular untuk diabaikan, dan pesannya untuk tidak memusingkan masalah-masalah kecil dalam hidup sangat membantu. Siapa pun yang menyukai musik pop secara umum mungkin akan menyukai "Bubble."


6. L.O.V.E dari Youngji




Youngji dari KARA akhirnya mendapatkan waktunya untuk bersinar secara solo dengan Toi Toi Toi pada tahun 2023, dan "L.O.V.E" sungguh luar biasa. Bahkan tidak mudah untuk menentukan apa yang membuat lagu ini begitu bagus, tapi memang begitu.


Dan meskipun Youngji mungkin bergabung dengan KARA di kemudian hari, ia masih berasal dari era K-pop ketika seorang idola harus bisa bernyanyi ketika ada kesempatan - dan bakatnya terpancar saat tampil secara langsung.


5. Un-Normal Queenz Eye




"Un-Normal" adalah lagu R&B yang luar biasa. Hampir tidak mungkin untuk mendengarkan lagu ini tanpa menggoyangkan kepala Anda. Baitnya dibangun dengan sangat baik hingga ke bagian jembatan, jembatannya dibangun dengan lebih baik lagi hingga ke bagian reff, dan kemudian Anda akan terpikat selamanya.


Baru memulai debutnya tahun lalu, Queenz Eye adalah grup yang lebih tidak dikenal dibandingkan ALICE, namun mereka sangat layak untuk mendapatkan lebih banyak perhatian. ("This Is Love" adalah lagu lain yang sangat layak untuk Anda dengarkan).


4. The Flash dari Kwon Eunbi




Seperti lagu-lagu lain yang tersisa dalam daftar ini, "The Flash" tampaknya melakukan segalanya dengan benar. Dari saat-saat pertama lagu hingga akhir, melodinya menyeret Anda secara paksa. Ini adalah penampilan yang luar biasa dari Kwon Eunbi, dan bahkan koreografinya pun menyenangkan, dengan gerakan lengan "pembuka botol" yang sederhana di bagian reff. Lebih banyak lagu seperti ini akan selalu diterima.


3. Heartris dari NiziU




Debut Korea NiziU tidak mengecewakan. Lagu ini mungkin lebih menekankan bagaimana katalog musik NiziU pada dasarnya merupakan pengulangan dari tahun-tahun awal Twice yang lucu. Namun, ada atau tidak ada perbandingan dengan Twice, "Heartris" merupakan lagu pop permen karet yang sangat menyenangkan dengan chorus yang membuat ketagihan.


NiziU layak mendapatkan semua cinta yang dapat mereka temukan di luar Jepang, dan "Heartris" layak mendapat tempat di antara lagu-lagu girl grup K-pop terbaik tahun 2023.


2. Pandora dari MAVE




"Pandora" harus diakui merupakan pilihan yang paling tidak biasa dan kontroversial dalam daftar ini, terutama pada peringkat setinggi ini. Itu karena MAVE tidak benar-benar ada; mereka adalah sekelompok wanita yang diciptakan dalam komputer dari Netmarble dan Kakao. Namun, faktanya tetap saja... "Pandora" adalah sebuah pengacau yang luar biasa.


Ini sangat berdampak luar biasa. Bahkan koreografi tarian untuk wanita fiksi ini sangat sempurna. Sebagai sebuah lagu atau video musik, "Pandora" adalah sebuah tontonan yang fantastis. Namun demikian, kita tentu tidak akan terburu-buru untuk mendengarkan lebih banyak musik dari orang-orang yang sebenarnya tidak ada. ("What's My Name" juga sangat bagus.)


1. Cupid dari Fifty Fifty




"Cupid" adalah fenomena nyata pada tahun 2023, menyebar ke seluruh penjuru Spotify dan TikTok untuk mengambil alih dunia. Ini adalah lagu pop yang sempurna, ditulis di Swedia seperti halnya lagu-lagu pop yang sempurna lainnya, dan vokalnya (terutama dari Aran) sangat cocok dengan lagunya. Penghargaan apa pun yang diterima lagu ini sepenuhnya layak, dan penghargaan apa pun yang dilewatkan mungkin saja merupakan sebuah kesalahan.


"Cupid" adalah lagu yang hebat sepanjang masa, baik dalam bahasa Korea maupun Inggris, jadi sangat disayangkan bahwa Fifty Fifty tidak lagi ada dalam bentuk aslinya setelah adanya tuntutan hukum dan aktivitas ilegal oleh The Givers. Hanya Keena yang tersisa dari formasi asli, dan masih harus dilihat bentuk baru Fifty Fifty yang akan diambil pada tahun 2024 dan seterusnya.


Sumber: Best K-Pop Girl Group Songs of 2023 - K-Pop Answers (kpopanswers.com)

15 Lagu Girls Group K-Pop Terbaik Tahun 2023
4/ 5
By
Comments


EmoticonEmoticon